Perbedaan OPPO Reno5 55G dan OPPO Reno 6 5G

Btctravelogue – Pernahkah Anda menemukan OPPO A74 5G? Smartphone terbaru OPPO A-series ini resmi hadir di industri mobile pada April 2021. Di permukaan, OPPO A74 5G edition memiliki desain kekinian layaknya smartphone masa kini dengan tepi tipis dengan lubang di bagian kiri atas layar.

Tidak seperti kebanyakan ponsel, di sisi kanan bingkai hanya ada tombol power plus pembaca sidik jari, dan di sisi kiri ada tombol untuk volume naik dan turun. OPPO A74 5G tersedia dalam dua variasi warna yang trendi, yakni Fluid Black dan Space Silver.

Kelebihan OPPO A74 5G

Bagaimana spesifikasi OPPO A74 5G mengejutkan Anda? Tenang saja, bagi Anda yang belum mengetahui keunggulan dari smartphone ini, Carisignal telah membeberkan beberapa keunggulan OPPO A74 5G berikut ini:

1. Layar luas dengan kecepatan refresh tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, OPPO A74 5G mengusung konsep Punch Hole, di mana terdapat lingkaran kecil menggantung di kiri atas layar, sekaligus sebagai tempat persembunyian kamera selfie. Dengan konsep ini tentunya memberikan kesan layar yang besar dan nyaman untuk ditonton, terutama saat bermain game atau menonton video streaming.

Layar OPPO A74 5G Edition hadir dalam ukuran 6,5 inci atau 102,0 cm2 dengan rasio layar-ke-tubuh 83,8%, yang sangat melegakan di kelasnya. Perangkat ini memiliki resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan piksel 405 ppi, yang membuat layar lebih tajam dan jauh dari buram.

Kemudian, untuk menghadirkan rasa aman di mata pengguna, OPPO A74 5G memadukan tingkat kecerahan yang cukup tinggi yaitu 480 nits. Sehingga saat pengguna menjalankan perangkat di bawah sinar matahari, layar masih bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, mendukung AI Eye Comfort, yang secara otomatis dapat mempelajari preferensi kecerahan layar.

Menghadirkan pengalaman menonton warna yang kaya dan akurat, layar ini juga dilengkapi dengan Hype-color yang mencakup seluruh DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives). Dengan cara ini, pengguna seperti menonton bioskop karena layar memiliki gamut warna yang lebih luas.

Kecanggihan lain yang diperlihatkan pada layar milik OPPO A74 5G ini adalah refresh rate yang mampu menampilkan 90 frame dalam satu detik dan kecepatan sentuh mencapai 180Hz, memungkinkan motion graphics berjalan secara responsif dan lancar dalam sekejap.

2. Mendukung jaringan 5G

Seperti namanya, OPPO A74 jenis ini memiliki jaringan tercanggih, yakni 5G. Berkat kehadiran jaringan 5G, memungkinkan perangkat menghasilkan kecepatan transmisi hingga 10 GB per detik. Tak heran, dengan teknologi ini, proses komunikasi dua arah akan lebih cepat dan diklaim tidak akan ada penundaan.

Keunggulan lain yang bisa dinikmati pada OPPO A74 5G dengan penggunaan teknologi 5G adalah dapat menghemat energi. Ya, kecepatan transmisi super cepat berdampak pada konsumsi daya perangkat yang lebih hemat dibandingkan jaringan 4G. Protokol terbaru pada jaringan ini adalah untuk mengurangi konsumsi daya dengan mengurangi lalu lintas data.

3. Adanya empat sensor di ruang utama.

Sebagian besar smartphone terbaru saat ini, terutama di kelas menengah, telah diusung oleh kamera utama quad sensor atau ada empat lensa yang dapat dicoba pengguna. OPPO A74 5G yang beruntung dianugerahi kamera quad penuh dengan lampu kilat LED, panorama, peningkatan pemandangan AI 2.0, dan fungsi kecantikan AI.

Salah satu dari empat sensor kamera utama OPPO A74 5G adalah sensor besar 48 MP dengan aperture f/1.7, mampu menyisakan ruang lebih untuk cahaya dan hasilnya cukup baik. Sensor ini mendukung mode Ultra HD, sehingga saat mode aktif, gambar yang dihasilkan memiliki resolusi 108 MP.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan selfie penggunanya, OPPO A74 5G menawarkan kamera depan beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan juga bekerja dengan fungsi panorama, yang dapat digunakan untuk mengambil foto selfie dengan bidang pandang yang lebih luas atau lebih luas.

4. SoC cukup mumpuni

Apakah ponsel ini mendukung aktivitas streaming video dan game? Tentu saja itu karena OPPO A74 5G mengusung prosesor mumpuni di kelasnya, yakni Qualcomm SM4350 dengan chipset Snapdragon 480 5G dengan teknologi manufaktur 8 nanometer. Dengan chipset dan berjalan, perangkat dapat melakukan semua aktivitas seluler sehari-hari penggunanya.

Sedangkan untuk prosesor, OPPO A74 5G telah memutuskan untuk membawa Octa-core yang dibentuk oleh dua inti Kryo 460 dengan frekuensi 2,0 GHz dan enam Kryo 460 dengan frekuensi 1,8 GHz. kecepatan hingga 245 Mbps dan kecepatan unggah maksimum hingga 2,1 Gbps.

Dengan mengakomodir tampilan visual dan kualitas yang maksimal, perangkat ini kompatibel dengan GPU bernama Adreno 619. Juga mendukung RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dengan teknologi UFS 2.1, mampu menciptakan kinerja yang lebih cepat, terutama dalam hal penyimpanan data. dan pemasangan aplikasi berat.

Berbasis sistem operasi Android 11, pengguna OPPO A74 5G disuguhi berbagai menu baru, seperti akses ke minigames, media monitoring, emoji yang lebih beragam dan masih banyak lagi. Perangkat ini juga menggabungkan ColorOS 11.1 yang menawarkan fitur-fitur keren termasuk Bullet Screen Message, menerima pesan penting tanpa mengunci layar game,

5. Dilengkapi dengan fungsi NFC

Ternyata, selain menampilkan teknologi 5G, OPPO ini juga mengundang fitur yang sedang ngetren di kalangan smartphone, yakni NFC atau Near Field Communication. Fitur canggih ini membawa banyak manfaat bagi pengguna, terutama pemilik OPPO A74 5G, salah satunya bisa menandai lokasi atau tempat.

Tak hanya itu, Ets, berkat NFC, memungkinkan pengguna memproses transaksi atau pembayaran digital dengan cepat tanpa harus menggunakan uang tunai. Kemudian pengguna juga dapat mentransfer data, menghubungkan OPPO A74 5G ke perangkat lain, membuka aplikasi secara otomatis, dan mengakses informasi di smart card. Keren kan?

6. Sumber daya baterai yang melimpah

Bagi pengguna yang mencari ponsel tahan lama saat digunakan seharian, OPPO A74 5G mungkin bisa menjadi jawabannya. Bukan tanpa alasan, perangkat ini memiliki baterai Mega Li-Po berkapasitas 5.000 mAh. Dengan sumber daya yang Anda miliki, ponsel Anda dapat beroperasi lebih lama tanpa perlu mengisi ulang terus menerus.

Diinformasikan dari portal resminya, berkat daya yang disuplai oleh OPPO A74 55, memungkinkan perangkat hidup selama 3 jam untuk menonton video streaming, 27 jam untuk melakukan percakapan telepon, dan 40 jam dalam situasi Eva. Mengacu pada tes di laboratorium OPPO, waktu sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada situasi spesifik di mana pengguna menjalankan telepon.

Kekurangan OPPO A74 5G

Sebagai atom yang memiliki kekurangan, OPPO A74 5G juga memiliki kekurangan. Meski kekurangannya bisa ditutupi dengan kelebihan yang dibawanya, Anda juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari OPPO A74 5G. Ingin tahu? Berikut uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Memiliki tubuh yang lebih berat

Faktanya saat ini banyak pengguna yang mencari smartphone dengan bodi yang ringan meski ukurannya besar. Sayangnya, hal tersebut hilang dari OPPO A74 5G yang terlihat memiliki bobot di atas rata-rata 190 gram dengan dimensi panjang 162.9mm, lebar 74.7mm, dan tebal 8.4mm.

Sedangkan menurut GSM Arena, berat ideal sebuah smartphone saat ini antara 140 hingga 170 gram. Ini hampir menyamai ringkasan data dari The Next Web, yang menurutnya idealnya, berat rata-rata ponsel populer adalah 179,3 gram. Namun, bagi Anda yang tidak mempermasalahkan bobot OPPO A74 5G, perangkat ini tetap nyaman digenggam.

2. Tanpa panel AMOLED

Salah satu hal yang sangat disayangkan dari OPPO A74 5G adalah teknologi panel yang dipasangkannya. Alih-alih menggunakan panel AMOLED yang memiliki kontras dan saturasi lebih tinggi, perangkat ini tetap menggunakan layar IPS LCD. Bisa dikatakan penggunaan teknologi layar di OPPO ini bahkan kalah dengan kualitas AMOLED.

Kekurangan layar IPS LCD antara lain kontras warna yang kurang tajam seperti warna putih terlihat kurang bersih atau warna hitam belum kuat, mengkonsumsi daya lebih besar dan layar lebih tebal dibandingkan panel AMOLED.

3. Terjebak pada pengisian cepat 18W

Dibangun dengan baterai jumbo 5000 mAh, tampaknya tidak mendukung sistem pengisian cepat yang lebih cepat. Berbeda dengan saudaranya, OPPO A74 versi orisinal yang dibekali fast charging hingga 33W, perangkat edisi 5G ini tetap mengusung teknologi fast charging 18W.

Dengan kecepatan 18W, OPPO A74 5G hanya dapat mengisi daya ponsel 68% dalam 60 menit. Tentu saja kalah bersaing dengan OPPO A74 yang memiliki performa pengisian daya yang jauh lebih cepat. Selain itu, ponsel kelas menengah ini tidak dilengkapi dengan pengisian nirkabel dan sistem pengisian terbalik.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru